#5 Course Day 4: Let’s go to Omroep Brabant!

Kamis, 3 Oktober 2013.

Travel schedule for today!
Travel schedule for today!

Hari ini kami melakukan working-visit ke Omroep Brabant di Science Park, Eindhoven. Omroep Brabant adalah salah satu media massa regional milik publik Belanda yang terletak di North Brabant, Eindhoven. Omroep Brabant terdiri dari satu channel radio, satu channel TV, dan channel online.

Anyway, sebelum bercerita banyak tentang Omroep Brabant, kelas ‘darurat’ pagi ini dimulai dengan Managing Dilemmas. Kenapa darurat? Karena diskusi dilakukan di Radio Room hahaha! Kedua trainers kami memutuskan untuk memulai kelas di Radio Room untuk menghemat waktu karena kami harus udah berangkat ke Eindhoven pakai kereta tepat jam 10.24 dari Bussum Zuid Station. Akhirnya beliau berdua mengalah datang ke Radio Room supaya kami ngga harus bolak-balik Bussum Zuid – RNTC – Bussum Zuid. Setelah melakukan perjalanan di kereta selama satu jam dan sedikit drama di Eindhoven Centraal karena salah info jurusan bis ke Brabant, akhirnya kami makan siang dulu di salah satu restoran masakan China di dekat stasiun. It’s a treat from RNTC! :’)

Dan di restoran itu saya ketemu sama Bapak-Ibu orang Indonesia yang duduk di meja sebelah. Kegirangan akhirnya ngomong bahasa Indonesia juga… Berasa kenal udah lama, saya ngobrol sebentar sama mereka dan menyusul teman-teman saya menuju stasiun bis. Sesampainya di Science Park, Eindhoven, kami jalan kaki beberapa kilometer menuju Omroep Brabant. Lingkungannya enak deh… Jalanannya bersih dan banyak pohon. Disana, kami disambut oleh Tim Zunneberg yang langsung mengantarkan kami ke sebuah ruangan dan melakukan presentasi. Kami disuguhi (seperti biasa…) teh, kopi, dan coklat berlogo Omroep Brabant. Cute!

Omroep Brabant mulai mengudara (radio) pada 1976 di wilayah Eindhoven. Kemudian di tahun 1988, stasiun radio Omroep Brabant mengudara di kawasan North Brabant, sedangkan stasiun televisi baru mulai mengudara pada tahun 1997 terbatas hanya pada siang hari dan memulai siaran 24 jam, pada tahun 2000. Website www.omroepbrabant.nl resmi diluncurkan pada tahun 2001 dan mobile website pada tahun 2007. Sedangkan mobile app yang bisa diunduh di Google Play, Windows, dan App Store, baru diluncurkan pada tahun 2011. Program online yang sedang digarap adalah aplikasi untuk televisi.

Saat ini, Omroep Brabant memiliki 3 redaksi – radio, TV, dan online – yang bekerja dalam satu ruangan yang sama. Hal yang paling menarik dari Omroep Brabant yang dijelaskan oleh Tim Zunneberg adalah tentang ‘Digital First’ yang membahas tentang bagaimana ketika Omroep Brabant berpindah haluan dari broadcasting organization yang konvensional, menjadi multimedia publishing house. Dasarnya adalah karena mereka sangat paham kalau saat ini media massa sedang dalam proses perpindahan haluan. Maka strategi yang dilakukan adalah mempublikasikan semua konten secara online terlebih dahulu, sebelum onair di radio dan televisi. Ada tiga poin penting yang saya dapet dari Omroep Brabant: (1) Jangan melakukan perubahan tanpa melakukan riset terlebih dahulu. (2) Selalu tanyakan kepada karyawan dan audiences tentang perubahan yang akan dilakukan. (3) Riset bisa dilakukan dengan budget 0 Euro menggunakan Google Forms sampai yang puluhan ribu Euro menggunakan jasa research agency.

Setelah tur di Omroep Brabant dan melakukan diskusi-diskusi dengan jurnalis-nya, waktunya kami pulang! Sebelum kembali ke Guest House, karena hari masih sore, jadi kami memutuskan untuk jalan-jalan di Utrech. Sementara temen-temen saya sibuk belanja di mall, saya sibuk foto-foto kanal dan bangunan-bangunan di Utrecht Centruum dan jajan waffle. Yum! Yum! Yum! ***

Course Day 5: Creating My Individual Action Plan

Jumat, 4 Oktober 2013.

Di akhir course minggu depan, kami diwajibkan untuk melakukan presentasi mengenai Individual Action Plan yang akan dibawa pulang. Sebagai persiapan awal, maka hari ini saya dan teman-teman mulai mengerjakan tugas akhir kami. Seharian penuh, saya berusaha keras buat melakukan analisis dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang selalu muncul setiap kali satu langkah S.W.O.T berhasil diselesaikan.

Mengerjakan Indivudual Action Plan ini harus dimulai dari basic question, inti dari permasalahan yang ingin dipertajam solusinya. Basic question setiap orang pasti beda-beda, tentunya.

Ngga akan cerita terlalu banyak ya… Cape mikir! Hahaha! Besok akan jalan-jalan ke Zaanse Schans dan Amsterdam. ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s