Barang Bagus dari Gedebage

Saya selalu percaya, ada baju-baju bagus yang harganya bisa ditawar…

Berbekal ilmu tawar-menawar a la ibu-ibu, Senin lalu saya jalan-jalan ke Pasar Gedebage di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Tujuannya cuma satu: Mau cari baju. Cari baju kok di pasar? Iya, karena di Pasar Gedebage saya bisa dapet denim jacket seharga Rp 60.000, mirip dengan yang ada di TOPSHOP.

Kalau di Paris ada flea-market Les Puces, boleh lah Pasar Gedebage dibilang hampir sama meskipun hanya spesifik menjual barang-barang fashion. Selengkapnya tentang Pasar Gedebage, bisa dibaca disini: http://bit.ly/1oA6Zeg.

Berbekal uang Rp 250.000, saya dan Debby – teman saya – mulai berburu pakaian diantara lorong-lorong pasar yang berdebu dan panas. Setelah hampir 2 jam lamanya, akhirnya pilihan saya jatuh pada barang-barang ini:

Item #1
Item #1 – Hooded  T-shirt

Price : Rp 15.000

Color : Denim blue.

Bargain : No

Tips : Ngga bisa ditawar karena semua baju di toko ini harganya segitu. Rp 15.000 all items. Bagus atau jelek, urusan belakangan. Jadi harus sangat teliti saat nemu baju yang bagus. Dilihat dulu jahitannya, kancingnya, kainnya apakah ada noda atau ngga. Tapi ngga jarang juga, ‘cacat’ pada baju-baju itu masih masuk akal untuk diperbaiki. Misalnya, kancingnya hilang satu.

Item #2 - Dress
Item #2 – Dress

Price : Rp 15.000

Color : Broken choco *ngarang!*

Bargain : No

Tips : Dress ini dibeli di tempat yang sama dengan hooded t-shirt di atas. Rp 30.000 dapat 2 baju. Mulus, tanpa cacat. Kancing lengkap, ngga ada noda. Kalau belanja ke Pasar Gedebage, usahakan sebagai pembeli pakai baju yang nyaman dan simpel. Kaos dan celana jeans, misalnya. Selain karena udaranya lumayan panas, juga supaya gampang kalau mau nyobain baju yang akan dibeli. Since di Pasar Gedebage ngga ada fitting room ya…

Item #3 - Shirt
Item #3 – Shirt

Price : Rp 10.000

Color : Grey with red-line

Bargain : No

Tips : Selalu awas dengan teriakan ‘SAPULUH REBU! SAPULUH REBU!’ dari pedagang di Pasar Gedebage. Dari sekian banyak toko yang ada disana, ada 3 sampai 4 toko yang menjual semua pakaiannya dengan harga Rp 10.000 all items. Kalau udah menemukan jenis toko dan pedagang seperti ini, habiskan lebih banyak waktu buat bolak-balik dari ujung gantungan ke gantungan yang lain. Lihat juga baju-baju yang disimpen di bagian atas toko. Pegel sih memang… Tapi kalau udah nemu satu atau dua baju yang bagus, yakin deh pasti kepengen terus cari barang yang lain.

IMG_9522
Item #4 – Shirt

Price : Rp 10.000

Color : White with green-lines

Bargain : No

Tips : Kemeja ini saya dapetin nyempil diantara kemeja-kemeja bunga-bunga yang bikin pusing mata. Karena saya suka dengan motif-nya yang biasa, jadi saya beli deh. Walaupun warnanya putih, tapi kemeja ini bersih. Sama sekali ngga ada noda since the beginning

Item #5 - Shirt
Item #5 – Shirt

Price : Rp 10.000

Color : Grey with lines

Bargain : No

Tips : Kalau diperhatikan, ada samar noda kekuningan di saku sebelah kiri. Tapi karena masih misa ditutupi pakai patch, saya putuskan buat beli kemeja ini. Lumayan kak buat outer

Item #6 - Parka Jacket
Item #6 – Parka Jacket

Price : Rp 90.000

Color : Army Green *kamana atuh army!*

Bargain : Yes

Final Price : Rp 50.000

Tips : Tawar sampai mati! Menurut saya ini masih terlalu mahal sih… Harusnya masih bisa di harga Rp 30.000 sampai Rp 40.000. But how can I not love this jacket… Uh! So Much! Kalau mau beli jaket atau hoodie atau coat, harus ekstra teliti daripada cuma beli kemeja. Pastikan ritsleting-nya ngga rusak, jahitan dan kain pelapis di bagian dalam ngga ada yang sobek, ngga ada warna yang luntur, dan kancingnya ngga ada yang pecah.

Item #7 - Coat
Item #7 – Coat

Price : Rp 25.000

Color : Black

Bargain : No

Tips : Selain kemeja-kemeja, ada juga toko jaket yang menjual barang dengan harga fixed. Tapi ngga banyak… Lagi-lagi saya sarankan untuk selalu awas untuk teriakan ‘SEMUA DUA PULUH LIMA REBU!’ dan semacamnya. Saya menemukan jaket ini pas mau pulang. Se-toko penuh sama jaket dan coat dengan harga Rp 25.000 fixed! Seneng! Saya nemu jaket ini digantung di atap toko.

Item #8 - Half-hooded Jacket
Item #8 – Half-hooded Jacket

Price : Rp 25.000

Color : Red

Bargain : No

Tips : The most unique items I found! Makanya saya sebut half-hooded karena memang yang di bagian atas itu bukan hoodie. Entahlah apa namanya, pokoknya kalau ditarik ke atas, cuma bisa nutup sampai kening. Jadi kalau pas dipakai, terlihat seperti pakai scarf. Lucu ya… Ada cap ‘made in Japan’. Ada saku di kiri dan kanan, belakang-pinggir, dan saku ‘Doraemon’.

Item #9 - Denim Jacket
Item #9 – Denim Jacket

Price : Rp 160.000

Color : Washed-blue denim with red lines

Bargain : ABSOLUTELY yes

Final Price : Rp 60.000

Tips : Ini nih yang disebut jatuh cinta pada pandangan pertama! Sekali pegang, langsung pengen pake! Agak alot proses tawar-menawarnya. Bahkan sempet keluar dari tokonya dulu a la ibu-ibu banget kaaaan… Tapi akhirnya si penjualnya ‘nyerah’ di harga segitu.

FINALLY…

Setelah dibawa ke rumah, masing-masing baju langsung direndam di ember terpisah pakai air panas, supayan kalau ada baju yang warnanya pekat, ngga luntur ke baju yang lain. Setelah itu, direndem lagi pakai Detol. Udah yakin semua baju ngga ada yang luntur, baru deh dicuci seperti biasa.

Ibu saya paling rewel nih kalau saya habis belanja baju di Gedebage. Beliau bisa nyuciin baju-bajunya sampai berkali-kali! Biar ngga bau apek, katanya… Setelah dicuci dan disetrika, baru deh baju-baju ini kelihatan bagusnya. Apalagi kalau udah dipakai, dipaduin dengan celana jeans dan Converse atau boots.

Kapan-kapan ada yang mau jalan-jalan dan belanja ke Pasar Gedebage, bareng ya… ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s