It’s OK being (late) 20’s

Sebagai seorang kelahiran ‘87 yang sekarang – alhamdulillah – masih dikasih kesempatan hidup sampai tahun 2014, memasuki usia 27 bukanlah situasi yang terlalu mudah untuk dilalui: Serbuan undangan pernikahan, kabar si A mau lahiran, kabar si B baru lamaran, kabar si C naik jabatan, kabar si D udah keterima kerja, kabar si E putus cinta, dan masih banyak lagi kabar-kabar lainnya, yang membuat otak ini bertanya ‘apa ya tujuan hidup gue?’ terutama menjelang tidur.

Disaat saya lagi ngga terpikirkan untuk berkomitmen dengan seseorang, baru resign dari kantor, dan baru mau melanjutkan sekolah S2, saya merasa ‘am I too late and too old for all this?’. Banyak loh teman-teman saya yang udah mulai settle dengan kehidupan mereka, sedangkan saya sepertinya baru mulai mencoba-coba. Apa yang udah saya lakukan selama 27 tahun ini ya?

It turns out that at the age of 25 and over adalah usia dimana seseorang merasa mampu melakukan banyak hal. Masa-masa dimana semua pekerjaan terlihat seru, menantang, dan menyenangkan. Ngga mau kerja kantoran karena dianggap membosankan. Ingin punya gaji seperti orang yang kerja 9 – 5, tapi ingin kebebasan seperti pekerja freelance. Tertantang berbisnis, tapi ngga tau mau bisnis apa. Ketemu cowo baru kenal beberapa bulan, langsung merasa ‘he is the one’, siap menikah tapi kemudian putus. Ingin berkeluarga, tapi ngga tau sama siapa. Seperti yang dibilang sama 9GAG, it’s an experimental phase!

Cycles of Live
Cycles of Life

Saya ngga tau apakah ini hanya pemikiran saya aja atau ternyata ada teman-teman di luar sana yang merasakan hal yang sama. Your love-life isn’t that good, you are financially broke, and your job is just… ok.

At the end, yang harus dilakukan adalah menikmati semua prosesnya tanpa pernah berhenti berusaha untuk selalu melakukan yang terbaik. Cape juga kalau setiap waktu harus terus-menerus mempertanyakan semua yang terjadi di kehidupan ini. Somehow, ada pertanyaan yang ngga perlu dicari jawabannya.

So I think I’m going to have fun with my friends and families, be in love with someone even-though I know he’s just not that into me. I guess that’s fine because life is always hard, isn’t it? ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s