A Guideline to UK Student Visa

Ini adalah kali ketiga saya dibuat kalang-kabut-tapi-happy dengan urusan aplikasi visa untuk sebuah perjalanan ke suatu negara. Meskipun lumayan menguras tenaga dan waktu, tapi saya selalu berusaha untuk mengurus sendiri semuanya, seperti saat saya ke Belanda dan Jepang beberapa waktu lalu. Di artikel ini, saya akan bercerita tentang proses mengajukan aplikasi membuat UK Visa Tier 4 (General) Student. Ini merupakan jenis visa yang harus dimiliki bagi siapapun yang akan melanjutkan studi di Britania Raya.

Important Highlights:

  1. Tier 4 (General) adalah jenis visa yang wajib dimiliki oleh siapapun yang akan belajar di UK dan telah berusia 16 tahun atau lebih.
  2. Untuk mendaftar visa Tier 4 (General), harus sudah memiliki Letter of Acceptance Unconditional.
  3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil skor IELTS.
  4. Memiliki dana yang cukup untuk membayar biasa kuliah, akomodasi, dan biaya hidup selama di UK.
  5. Jika kamu adalah penerima beasiswa LPDP, syarat kepemilikan dana bisa dibuktikan dengan membawa Letter of Sponsorship (LoS) yang bisa diajukan sebelum pelaksanaan Persiapan Keberangkatan (PK).
  6. Permohonan pembuatan Visa Tier 4 (General) bisa diajukan minimal 3 bulan sebelum tanggal perkuliahan dimulai.
  7. Biaya untuk pembuatan visa adalah 499 USD atau Rp 6.700.000 yang hanya bisa dibayarkan online (kartu kredit) setelah mengisi formulir di website UKVI.
  8. Selain itu, diharuskan juga untuk membayar IHS (Insurance Health Surcharge) yang sifatnya wajib dengan nominal yang berbeda-beda tergantung durasi studi. Info tentang IHS bisa cek disini.
  9. Wajib memiliki CAS (Confirmation of Acceptance of Study) dari kampus.
  10. Wajib melakukan tes TBC di Rumah Sakit rujukan Kedubes Inggris. Untuk yang tinggal di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya, tes bisa dilakukan di RS Premier Jatinegara atau Bintaro. Info selengkapnya klik disini.
  11. Menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris dokumen berupa: Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah S1, dan Transkrip Nilai.
  12. Daftar Penerjemah Tersumpah (Sworn Translators and Interpreters) dari Kedubes Inggris di Indonesia: [DOWNLOAD] Indonesia Sworn Translators

***

Setelah lulus Tes Seleksi Substantif dan resmi dinyatakan sebagai awardee LPDP, saya bergabung di group chat yang anggotanya terdiri dari sesama awardee yang akan melanjutkan kuliah ke UK. Selama berhari-hari, obrolan berkisar seputar persiapan mengajukan aplikasi visa dan hal-hal lainnya.

Saran saya, jangan ikutan terbawa panik karena pasti setiap orang punya kendala berbeda-beda. Selalu pantau perkembangan diskusi di group chat tersebut sambil mempersiapkan dokumen-dokumen yang bisa disiapkan lebih awal, seperti:

  1. Menerjemahkan Dokumen. Dokumen-dokumen yang wajib diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah S1, dan Transkrip Nilai. Jasa Penerjemah Tersumpah yang saya gunakan adalah Unggul Translator yang bisa dihubungi lewat SMS ke 081380001789. Cukup mengirimkan hasil scan dokumen ke email unggul.translator@gmail.com dan 3 hari kemudian dokumen yang sudah diterjemahkan akan dikirim melalui JNE. Biayanya Rp 170.000 untuk 3 buah dokumen (Transkrip nilai punya saya udah berbahasa Inggris), termasuk ongkos kirim ke Bandung.
  2. Melakukan Tes TBC. Melampirkan sertifikat hasil tes TBC saat mengajukan permohonan visa UK sifatnya adalah wajib dan hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit rujukan dari Kedubes Inggris di Indonesia. Jadi kalau pernah tes TBC di RSUP atau di tempat lainnya, tetap harus melakukan tes ulang. Saya melakukan tes TBC di Rumah Sakit Premier Bintaro dengan biaya sebesar Rp 690.000. Booking appointment dilakukan dengan mengirimkan email ke taufike@ramsayhealth.co.id atau bisa juga menelepon ke 021-7455500. Siapkan dokumen berupa paspor asli dan pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (background bebas) sebanyak 2 lembar untuk dibawa saat menjalani tes. Hasil tes akan selesai dalam 1 hari.
  3. Mengajukan Letter of Sponsorship (LoS) LPDP. Salah satu syarat untuk mengajukan visa studi di UK adalah memiliki dana yang cukup untuk membayar kuliah dan biaya hidup. Sebagai awardee LPDP, bukti kepemilikan dana ini diwakilkan dengan melampirkan Letter of Sponsorship di website Sipendob LPDP, klik disini. Bisa juga menggunakan Letter of Guarantee (LoG), namun surat ini baru bisa diajukan setelah kita selesai menjalankan Persiapan Keberangkatan (PK). Mengingat jadwal yang sempit antara jadwal PK dan jadwal kuliah, jadi sebaiknya untuk mengajukan pembuatan visa cukup menggunakan LoS.

***

Mengajukan permohonan UK Visa Tier 4 (General) Student ternyata sangat gampang, loh! Padahal awalnya saya kira ini akan ribet, eh ternyata perkiraan saya salah. Siapkan dulu detail-detail informasi sebagai berikut sebagai panduan untuk mengisi formulir:

  1. CAS (Confirmation of Acceptance of Study)
  2. Kartu Keluarga
  3. Paspor (baru dan lama)
  4. Kartu kredit berlogo VISA, Master Card, atau Maestro dengan limit Rp 10.000.000

Sekarang, pastikan koneksi internet yang stabil dan klik website UKVI (United Kingdom Visa & Immigration) disini. Urutannya adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi online visa application. Semua detail yang diperlukan untuk mengisi formulir visa bisa ditemukan di CAS.
  2. Tanda tangan formulir
  3. Menentukan lokasi BRP (Biometric Residence Permit) setelah sampai di UK
  4. Membuat janji di VFS Global Indonesia
  5. Registrasi IHS
  6. Konfirmasi pembayaran visa sebesar 499 USD atau Rp 6.700.000
  7. Mencetak formulir dan dokumen appointment application

Kalau semua langkah di atas sudah selesai dilakukan, sekarang saatnya datang ke VFS Global Indonesia. Lokasinya sesuai dengan pilihan saat mengisi formulir. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus dibawa ke VFS Global Indonesia:

  1. Print out appointment application
  2. Print out formulir visa
  3. Print out CAS (Confirmation of Acceptance of Study)
  4. Letter of Sponsorship (LoS) LPDP
  5. Ijazah S1 (asli dan terjemahan)
  6. Transkrip (asli dan terjemahan)
  7. Akta Lahir (asli dan terjemahan)
  8. Kartu Keluarga (asli dan terjemahan)
  9. Paspor lama dan baru
  10. Sertifikat bebas TBC
  11. Bukti tiket perjalanan (OPTIONAL)
  12. Bukti booking akomodasi (OPTIONAL)
  13. Skor IELTS
  14. Pas foto terbaru ukuran 3.5 x 4.5 background putih (OPTIONAL, nanti akan difoto oleh petugas di VFS)

Semua dokumen di atas harus dibawa dalam bentuk asli dan fotokopi. VFS Global Indonesia di Jakarta merupakan rekanan resmi Kedutaan Inggris di Indonesia untuk membuat visa. Tempatnya di Kuningan City Mall lantai 2. Jadi sambil menungu jadwal appointment, bisa duduk-duduk di kedai kopi.

Layaknya kantor kedutaan, penjagaan di VFS juga sangat ketat. Kita baru bisa masuk 5 menit sebelum jadwal janji-temu. Setelah kelengkapan dokumen diperiksa oleh security di pintu masuk, kemudian kita berjalan melewati body checking, diarahkan untuk menuju lokasi pembuatan visa, dan mengambil nomor antri.

Kita akan duduk di ruangan luas yang nyaman dan menunggu nomor antrian dipanggil. Di depan loket, kita akan duduk berhadapan dengan seorang petugas yang memeriksa semua dokumen. Jika ingin visa selesai dalam waktu 3 hari, kita akan ditawari fasilitas Priority Visa dengan biaya tambahan sebesar Rp 3.500.000 yang pembayarannya hanya bisa dilakukan menggunakan kartu kredit. Tapi kalau fasilitas visa biasa, hasilnya bisa diambil setelah 15 hari kerja.

Setelah dokumen diperiksa dan diberi tanda terima, kita akan dipanggil menuju ruangan BRP (Biometric Residence Permit) dimana sidik jari dan mata kita akan dipindai oleh petugas. Langkah terakhir, kita akan melakukan interview singkat melalui sambungan Skype dengan petugas imigrasi yang berada di UK. Pertanyaan yang diajukan adalah seputar rencana kuliah.

It’s a wrap! Visa akan selesai dalam waktu 15 hari kerja dan notifikasi akan dikirimkan melalui email. Kalau ada dokumen atau pembayaran yang belum lengkap, petugas UKVI International juga akan mengirimkan email. Stay alert! ***

Advertisements

12 thoughts on “A Guideline to UK Student Visa

  1. Assalamu”alaikum.
    Salam Kenal Mb, Untuk visa student tipe Sort Term Student apa perlu domuken KK, AKte dan KTP yang diterjemahkan penerjemah tersumpah mba?
    terima kasih.

  2. Okee, Once more.. I’,m still confuse..
    Untuk Visa Study (Non PBS) type Sort Term Study 6 Months Perlu tidak mba Surat Referensi Bank? Beberapa blog menyertakan surat referensi dan rekening koran.
    Tapi di web, Document must you provide : Bank Statement saja. Saya pikir cukup dengan Rekening koran saja (Bank Statement/Account Statement). Mohon pencerahannya mbak.

    1. Bank Statement aja cukup ko, Kang Arief. Minta aja sama bank-nya ditujukan untuk UK Embassy Jakarta, lengkap dengan alamatnya, pake amplop resmi. Untuk bikin visa, sepengalaman saya, pilih aja mau pake surat referensi bank atau rekening koran. Jadi ngga dua-duanya.

      1. Alhamdulilah sudah bisa ngurus visa nya sendiri.. Mbak kalo kita ngurus visa sudah masuk pake jalur standar (15 hari kerja) bisa ga berubah menuju priority (5 hari kerja.. tentu nambah biaya, tapi ga masalah).. sekarang sudah berjalan 2 hari prosesnya.. Bisa ga kita ubah dari standar jadi priority??

      2. Yeay, alhamdulillah! Seingat saya kemarin, dokumen langsunh dikirim ke Manila sehari setelah di-submit. Jadi kemungkinan akan susah kalau diubah ke Priority. Tapi biar ngga ragu, langsung email aja ke Home Office. Mereka cepet ko balesnya.

  3. halo, mba, salam kenal,, mau tanya nih soal limit credit card yang 10.000.000 itu, apakah itu limit uang kita sendiri atau nanti akan di beri buku tabungan sendiri dari lpdp? terima kasih. isi tabungan saya ndak sebanyak itu T.T

    1. Halo, Zakia. Maaf saya baru sempat balas pesan-nya. Jadi begini, proses pembuatan visa ini dilakukan sebelum uang dari LPDP bisa dicairkan. Jadi memang, uang untuk membuat visa sebesar kurang lebih Rp 6.700.000 itu harus dibayarkan terlebih dulu menggunakan uang pribadi yang kemudian nanti akan diganti biayanya oleh LPDP setelah menyelesaikan semua proses administratir seperti PK, dan sebagainya. Saat ini, kedubes Inggris (Home Office) yang diwakili oleh VFS untuk membuat visa, tidak menerima pembayaran visa dengan uang tunai. Jadi semua bentuk pembayaran harus dilakukan online menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Maka untuk membayar biasa pembuatan visa, harus ada uang yang nominalnya lebih besar dari Rp 6.700.000 tadi. Saat itu, saya pinjam kartu kredit orang tua saya karena saya juga ngga punya uang sebanyak itu. Kita sambung di postingan yang lain ya, saya inget kamu ada nanya sesuatu juga soalnya hehe! :’)

  4. Mbak Sheisa,
    Saya mau tanya soal UKVI,
    Mbak Sheisa dulu mengambil tes IELTSnya kapan Mbak?
    Terkait peraturan ini :
    https://www.idp.com/global/aboutus/news/update_ielts_trf
    yang menyebutkan, bahwa untuk apply visa Tier 4, harus mengambil tes IELTS UKVI.
    Padahal saya terlanjur mengambil tes IELTS “biasa” . Jujur saya tahunya IELTS cuma 1 jenis, IELTS “biasa “, tidak ada jenis yang IELTS UKVI. Dan disebutkan bahwa di IELTS UKVI ada unique reference number.
    Padahal sejak sebelum daftar tes, saya ngobrol ke pihak IDP, bahwa saya mau kuliah lanjut S2 di UK. Dan di form IELTS application tidak ada pilihan untuk mengambil UKVI atau non-UKVI. Dan saat itu saya anggap tes IELTS semua sama saja.
    Akhirnya di TRF saya tidak ada unique reference number (UKVI number)
    Pertanyaan saya :
    Masih bisakah saya mendaftar visa Tier 4 ke UK?
    Terima kasih

    1. Hello.

      Saya tes IELTS awal tahun 2015, sekarang udah ga berlaku nih soalnya udah lebih dari 2 tahun.

      Saya juga baru tau kalau ada perubahan seperti ini. Waktu apply visa Juni 2015, saya pake IELTS Academic biasa, ngga pake IELTS UKVI dan berhasil.

      Sepengetahuan saya, asalkan IELTS-nya dari ETS, ngga masalah, bisa tetep bikin visa. Tapi saran saya, sebaiknya tanyakan juga ke IDP dan ke Home Office via email. Respon mereka cepet ko :)

      Berkabar ya… Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s