Red Hot Chili Peppers UK Tour 2016

Setelah puluhan kali nonton konser berbekal ID pers karena tugas dari kantor, ada sesuatu yang berbeda ketika akhirnya saya bisa bebas datang ke sebuah pertunjukkan tanpa ‘beban’ pekerjaan. Rasanya enak banget… Mulai dari beli tiket sendiri, antri berjam-jam dan berdesakan di pintu masuk, lepas berteriak dan ikutan nyanyi tanpa harus sibuk dengan kamera, dan terpenting ngga harus khawatir apakah ada jaringan internet atau ngga karena ngga harus live-tweet!

***

Ini adalah pengalaman pertama saya nonton konser di UK semenjak tinggal di Glasgow 3 bulan lalu. Saya beruntung karena di akhir tahun 2016 ini (bahkan sampai 2017!), Glasgow selalu masuk dalam daftar tur band-band besar, salah satunya Red Hot Chili Peppers. Band yang selama ini cuma bisa saya lihat di MTV, di YouTube, dan ngga pernah mimpi akan bisa punya kesempatan buat nonton konsernya. But here I am now at The SSE Hydro with crowds sing along to Californication!

DCIM100MEDIA
The awesome crowds!

8 Desember 2016, 19.00

Kali pertama nonton konser di The SSE Hydro, exhibition center terbaik se-Skotlandia, auditorium mewah yang bisa menampung 13,000 orang, lokasinya deketan sama Glasgow Science Museum dan kantor BBC Scotland, jaraknya cuma 15 menit jalan kaki dari flat. Meskipun saya duduk di deretan paling atas, tapi saya bisa merasakan energi hebat dari bawah sana.

Foto di atas saya ambil beberapa menit sebelum konser dimulai. Semakin malam, penonton semakin menyemut. Tempat duduk penuh terisi. Ngga heran karena tiketnya sold-out sejak sebulan lalu. Tur RHCP di UK kali ini adalah yang pertama kali dalam 5 tahun terakhir. Setelah merilis album ke-11 The Gateway 17 Juni lalu, Kiedis dan kawan-kawan langsung menghajar 4 kota di UK untuk konser: London (dua hari), Glasgow, Birmingham (dua hari), dan Manchaster (dua hari).

Konser dibuka oleh Babymetal dengan penampilan super unik. Musik metal, vokal J-Pop. Sebelumnya saya ngga tau siapa dan seperti apa band Babymetal ini. Setelah nonton penampilan mereka, keren juga ternyata… Kalau kata yang duduk di sebelah saya, “They are cool, but just different.”

Setelah Babymetal menutup penampilan mereka dengan lagu Gimme Chocolate, ngga perlu menunggu lama sampai akhirnya veteran funk rockers LA ini lengkap berada di atas panggung dan membuka konser dengan lagu Can’t Stop. Saya terkesima dengan lighting set di atas penonton yang berdiri di depan panggung! Gerakan dan warna-warnanya trippy!

Kemudian Flea menyapa penonton dengan teriakkan “Fuckin’ Glaswegian!” yang disambut riuh penonton. Tanpa banyak bicara, lagu demi lagu langsung dimainkan dengan jeda yang pendek-pendek. Setlist-nya nyaris sempurna. Saya seolah lagi nonton MTV Most Wanted circa 90an! Konser ditutup dengan Goodbye Angels dan Give It Away sebagai encore. Ternyata teriakkan ‘we want more’ masih berlaku buat mereka…

15369988_10154689870954526_898521335482499095_o
Suasana di luar venue setelah konser selesai hampir tengah malam

Red Hot Chili Peppers UK Tour 2016’s setlist:

Intro Jam
Can’t Stop
Dani California
The Zephyr Song
Dark Necessities
Wet Sand
Me & My Friends
Go Robot
Californication
Sick Love
Don’t Forget Me
Watching the Wheels (John Lennon cover)
The Getaway
Higher Ground (Stevie Wonder cover)
Under the Bridge
By the Way

Goodbye Angels
Give It Away

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s